• About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

11 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dan Cepat

 on Friday, August 5, 2016  

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

Sariwan atau dengan istilah kilmu dokter lebih dikenal dgn sebutan (stomatitis aftosa) yaitu sebuah kelainan yg terjadi terhadap selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yg berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dgn permukaan agak cekung.

Sariawan bisa amat menyakitkan & bakal mengganggu kegiatan para penderitanya terutama pada ketika mengunyah & menelan makanan.

Lalu gimana cara mengobatinya? Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengobati sariawan silakan kita cari tahu dulu apa penyebabnya!


Langkah ke 1 - Mencari Tahu Penyebab dari Sariawan

penyebab sariawan
penyebab sariawan

Sariawan ternyata bukan sesuatu yg terjadi dengan cara kebetulan, tentu ada hal-hal yg jadi penyebabnya contohnya :
  • Sariawan dapat terjadi sebab kekurangan nutrisi seperti Vitamin B 12, Vitamin C mampu menyebabkan sariawan & zat besi.
  • Secara umum sariawan bisa juga terjadi dikarenakan mulut yg tergigit bisa saja pada diwaktu kamu makan maupun disaat kamu ngobrol. Atau bisa juga dikarenakan kamu makan sambil ngobrol
  • Terlalu banyak konsumsi makanan yg panas atau pedas contohnya makan kerupuk yg pedas, sayuran yg pedas, gorengan, sambal dan sebagainya.
  • diluar itu, sariawan juga dapat disebabkan oleh pemakaian sebuah product kesehatan yg tak serasi dgn kita, contohnya memakai pasta gigi yg tak sesuai atau mengonsumsi sebuah obat-obatan yg benar-benar tak cocok dgn mulut kita.
  • Sariawan bisa pula disebabkan oleh kebersihan mulut yg tak terjaga, misalnya jarang gosok gigi,jarang minum dan sebagainya. Lebih-lebih senantiasa lupa membersihkan mulut anda disaat anda mau tidur. 
  • Atau bisa jadi, penyebab sariawan kamu ialah sebab kondisi cuaca ditempat kamu tinggal sekarang ini.

Baca Juga:makanan yang bisa meningkatkan daya ingat otak


Utk mengetahui lebih detil berkaitan apa yg menjadi penyebab sariawan yg kamu rasakan disaat ini, kamu bisa merenung kembali hal apa saja yg kamu lakukan seminggu yg lalu / pada hari-hari sebelumnya. Setelah penyebab sariawannya ditemukan, sekarang kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah ke 2 - Berhenti melakukan hal-hal yg bisa jadi penyebab sariawan


Seperti yg sudah kita bahas di atas, ada beberapa perihal yg bisa menyebabkan sariawan terjadi contohnya saja penyebab sariawan kamu yakni lantaran terlalu banyak makan makanan yg pedas, sehingga berhentilah makan makanan tersebut.

Bila sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, sehingga cukupilah asupan vitamin C kamu contohnya dgn mengkonsumsi buah-buahan dan seterusnya.

Apabila penyebab sariawan yaitu dikarenakan kebersihan mulut yg tak terjaga, sehingga sering- seringlah utk membersihkan mulut.

Langkah ke 3 - Langkah Menghilangkan sakit & Pengobatan Sariawan


Ada sekian banyak langkah yg akan nda laksanakan utk menghilangkan rasa sakit & mengobati sariawan, diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Mengunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

utk menghilangkan rasa sakit dikarenakan sariawan kamu dapat memanfaatkan obat kumur atau obat yg diminum.

Untuk obat yg diminum, kamu bisa memanfaatkan parasetamol atau asam mefenamat, tetapi ingat, selalu lihat dosisnya juga.

2. Pasta Berbahan Garam & Baking Soda

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Tidak Hanya itu kamu pula bisa membuat obat buatan kamu sendiri, caranya dgn membuat pasta berbahan garam & baking soda.

Caranya lumayan enteng, kita cuma butuh mengkombinasikan garam dgn backing soda & tambahkan sedikit air. kemudian oleskan pada luka sariawan & tunggu sekitar selama 10 menit, sesudah itu basuh dgn air.

3. Air Kelapa

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

percaya atau tak, air kelapa dikenal dengan kesejukannya maka bisa menenangkan system pencernaan. Tidak Hanya baik buat mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik utk mengobati sariawan.

4. Pisang & Madu

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Kamu mampu membuat pasta dari pisang & madu. Cara kamu haluskan buah pisangnya bisa dgn sendok maupun diblender. kemudian campurkan bersama madu. Selanjuntnya kamu oleskan pada ulkus (luka sariawan). hal itu berfungsi utk mencegah peradangan.

5. Daun Jambu Biji

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

Daun jambu biji nyatanya pun punyai banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, juga mampu mengobati sariawan. Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.

6. Yogurt

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Mengonsumsi yogurt mampu menjaga keseimbangan bakteri yg ada dimulut & badan. Dgn demikian kamu bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan kamu. Tidak Hanya itu kamu juga sudah lakukan langkah pencegahan sariawan.

7. Minum Vitamin

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Minum vitamin B, vitamin C, zat besi & asam folat yg serta berperan dalam mencegah & menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya utk memenuhi keperluan bakal vitamin tersebut.

8. Mengkonsumsi Buah-buahan

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Contohnya kamu bisa memakan tomat, jeruk & buah-buahan yang lain, manfaatnya yakni buat memenuhi keperluan vitamin C kamu.

9. Bawang Putih & Pepaya

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Kamu juga dapat memakai bawang maupun pepaya utk mengobati sariawan, caranya dgn menempelkan langsung pada bagian luka sariawan.

10. Minyak Kelapa & Madu

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

 

Minyak kelapa bersifat anti bakteri, kamu dapat mencapurnya bersama madu utk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap kamu hendak tidur.

11.Kunyit

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan

Kunyit ini memang lah tumbuhan nomor wahid, tidak cuma dapat dijadikan rempah-rempah atau bumu masak, kunyit pula tidak jarang difungsikan sebagai obat utk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan.

Selain itu juga kunyit nyatanya bisa dipakai utk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit.

Langkahnya sangat mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan & campurkan kunyit dgn satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah Itu kamu oleskan pada bagian luka sariawan.

11 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dan Cepat 4.5 5 rezky saputra Friday, August 5, 2016 cara mengobati sariawan Sariwan atau dengan istilah kilmu dokter lebih dikenal dgn sebutan (stomatitis aftosa) yaitu sebuah kelainan ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme