• About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Masuk Musim Hujan, Siap-siap Cegah Pilek dengan 5 Langkah Simpel Ini

 on Thursday, December 1, 2016  


Jakarta - Memasuki musim hujan, penyakit yang biasanya mulai banyak menyerang adalah pilek dan flu. Yuk cegah dengan menerapkan pola hidup sehat!

Seperti disampaikan oleh Dr Anthony J. Lyon, dari The Ash Center, New York, dikutip dari News Max Health, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan imun dan mencegah datangnya pilek. Berikut trik-trik sederhananya:

1. Cukupi jam tidur


Kualitas tidur yang baik dan sehat merupakan salah satu kunci penting untuk mencegah datangnya penyakit. Alasannya, tidur merupakan salah satu fase penting yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk regenerasi. Pergantian sel ini tentunya akan berdampak pada daya tahan tubuh.

Jika gaya hidup atau pekerjaan tidak memungkinkan Anda untuk banyak tidur, maka fokuslah pada kualitas tidur. Paling lambat, biasakan untuk tidur paling tidak setiap pukul 10 malam. Berikan waktu untuk tubuh beristirahat dan bersiap untuk mengadapi hari esok

2. Napas dalam

 

Siapa sangka, latihan napas dalam tak cuma melegakan pernapasan Anda, tapi juga merupakan meditasi ringan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Proses ini dapat membantu Anda menjadi lebih rileks sebelum tidur, serta dapat dilakukan juga untuk mengurangi stres di siang hari.

"Bertumpuknya aktivitas seringkali membuat orang-orang lelah dan stres, kondisi ini tanpa disadari membuat tubuh Anda lemah dan mudah tertular

3. Perbiki pola makan



Penyakit yang terkait dengan pergantian musim umumnya disebabkan karena turunnya kadar serotonin dan vitamin D dalam tubuh. Menurut nutrisionis Natalie Lamb, serotonin dibuat di dalam usus, oleh sebab itu menjaga kesehatan usus mutlak perlu dilakukan demi imun yang kuat.

"Gula sederhana dan karbohidrat olahan seperti roti, pasta, biskuit, kue dikenal bisa 'memberi makan' bakteri yang tidak diinginkan dalam usus, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih pesat dibandingkan pertumbuhan bakteri baik," ujar Natalie.

Selain itu, salah satu diet kunci untuk memperkuat imun dan mencegah penyakit di musim hujan adalah memenuhi kebutuhan protein. Sumber yang bisa Anda pilih di antaranya dalam bentuk daging, telur dan kacang-kacangan. Selain itu, penuhi juga kebutuhan omega 3 dari ikan berminyak, alpukat, dan biji-bijian.

4. Olahraga


Siapa bilang olahraga cuma bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan? Latihan fisik juga punya manfaat lain lho, salah satunya memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mencegah pilek, demikian disampaikan oleh Lyon.

Lyon merekomendasikan Anda untuk melakukan latihan yoga. Latihan ini diyakini dapat mencakup beberapa daerah vital di tubuh agar otot-otot Anda banyak bekerja.

"Latihan otot sangat baik bagi kesehatan. Ketika Anda lebih memerhatikan otot, maka pencegahan berbagai penyakit menjadi lebih efektif," imbuh Lyon

5. Sering cuci tangan

 


Selain membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat, Lyon juga berpesan tentang pentingnya menghindari kontak dengan kuman dan virus. Salah satunya adalah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun.

Agar lebih efektif, Lyon menganjurkan Anda untuk mencuci tangan menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk menggosok tangan Anda selama mencuci tangan. Jika memungkinkan, gunakan sabun secukupnya dan bilas sampai bersih.

Untuk mengeringkannya, gunakan tisu bersih dan hindari penggunaan hand dryer di toilet umum karena justru berisiko membuat tangan kembali dihinggapi kuman.

sumber : health.detik.com

Masuk Musim Hujan, Siap-siap Cegah Pilek dengan 5 Langkah Simpel Ini 4.5 5 rezky saputra Thursday, December 1, 2016 Jakarta - Memasuki musim hujan, penyakit yang biasanya mulai banyak menyerang adalah pilek dan flu. Yuk cegah dengan menerapkan pola hidu...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme